Obama Site’s Cloned

Budaya meniru, copy paste, imitasi dan sebangsanya ternyata tidak cuman trade mark dan penyakit yang biasanya (masih) milik bangsa ini saja. Kesuksesan website Obama dalam kampanye terpilihnya menjadi presiden amerika, ternyata telah di tiru secara terang-terangan oleh seorang sekelas Benjamin Netanyahu ( Perdana Menteri Israel ). Anda bisa bandingkan pada gambar dibawah ini:

Semuanya terlihat persis, mulai dari warna, lay out, daftar social networking yang digunakan, fitur video dan letaknya. Tampak tak ada perbedaan mencolok sama sekali. Tidak habis pikir memang, untuk orang sekelas Benjamin Netanyahu bisa melakukan hal tersebut.

Berikut dibawah kutipan dari Ron Dermer,ย one of Mr. Netanyahuโ€™s top campaign advisers :

Imitation is the greatest form of flattery. Weโ€™re all in the same business, so we took a close look at a guy who has been the most successful and tried to learn from him.

Sebuah bentuk sanjungan? Menurut saya justru sebuah ujud mempermalukan diri untuk sekelas Benjamin Netanyahu. Bagaimana menurut anda? Akankah ada tim sukses kandidat presiden indonesia pada pemilu 2009 yang bakal melakukan sanjungan dengan cara yang sama? Mari kita lihat saja nanti ๐Ÿ˜€

Source from NYTimes via Gizmodo.

42 thoughts on “Obama Site’s Cloned”

  1. Amerika (Obama) memakainya, Israel (Netanyahu) menirunya.. Indonesia (calex2/caleg2/capres2) masih masang/nempel poster (ilegal, gak indah blas, merusak keindahan kota, dll).. Suck!

  2. hahahaa bisa gitu hahaha dasar nekat hahahaha
    wasem banget ki
    teliti juga sampean dan jeli
    lha wana dan type nya sama rubah dikit 2 aja ya
    mana yang meniru tuh kikikik

  3. loh, pada belom tau ya? keduanya kan sama2 pake template wordpress.. bedanya kalo punya Obama itu premium template, kl punya Netanyahu yg free template..

  4. namanya juga benjamin nte-nyaho makanya manehna keur copy paste waelah….ternyata bukan cuma CD bajakan yang di tiru sama kelas bawah negeri kita, malah sekelas PM juga ngebajak web orang. wakakak

  5. Hayahhh, setuju sama yang bilang mirroring, soalnya posisi video youtubenya besebelahan, persis ketika kita berkaca.

    Anyway, kalo dipsikologi mirroring itu biasanya dilakukan oleh anak terhadap orgtuanya, jadi kalo Israel “mirroring” Amerika’s website… means Israel ini anaknya Amerika… at least mereka memposisikan diri mereka demikian, hahaha.

  6. @alit n @silly : itu disebabkan karena bahasa ibrani ngebacanya dari kanan ke kiri makanya jadi tampak seperti mirroring ๐Ÿ˜€

  7. Buat malu aja, jiplak habis gitu. Mungkin maksudnya utk menjebak visitors salah kamar kali.
    *ato jgn2 mereka pake theme wp yg sama2 gratisan? kekekeke……..

  8. peluang hanya terjadi sekali dalam konteks ini. Saya menduga ada beberapa faktor yang menyebabkan yaitu, bisa jadi dia memang ingin mirip, atau bisa jadi desainernya penggemar warna biru (daripada Pink) hehehe…

    oke, rada serius nih. meniru adalah hal yang wajar bagi seorang desainer, akan tetapi ide yang original adalah lebih berharga daripada yang imitasi. Kalau kemudian kita meniru, sebenarnya belum tentu juga, bisa jadi dia terinspirasi hanya saja dia tak mampu memodifikasi dan membuatnya lebih cantik.

    Desainer haram untuk menjiplak karya seseorang, kecuali untuk latihan. kalau kelasnya sudah profesional ya kayaknya keterlaluan dah…

    Tidak hanya desainer yang saya maksudkan disini, saya pikir pekerja kreatif lainnya pun harus menjunjung tinggi etika ini. Dengan tidak meniru mentah-mentah. Kalau menjadikannya sebaagi bahan inspirasi sih tidak masalah.

    Warna biru adalah warna yang saya yakin ada filosofi sendiri bagi mereka, yang artinya warna itu menjadi dianggap penting dan simbolik. So what? secara kita berada di Indonesia mungkin kita hanya bisa mengamati dan menilainya (baca: apresiasi) saja. Kalau ini terjadi di Indonesia?? semoga tidak deh.

    Di Negeri ini saya menemukan banyak juga yang janggal dalam bidang desain dalam konteks politik. Simak saja logo partai yang amburadul itu. Warnanya aduhai hahaha. Saya suka ketawa sendiri lihat beberapa logo partai belakangan ini. Apa mungkin ya yang buat logo itu orang biasa? ah mbuhlah…

    Makasih mas epat sudah dikasi kesempatan ngoceh disini :)

    mampir ke blog saya, atau sampai ketemu di PB2008 karo arek2 TPC.

    Salam kreatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*