Blog Forum Murtadin Indonesia nan SARA

Pagi subuh hari ini saya mendapatkan sebuah link dari pakdhe febri via chat di ym, tentang sebuah blog yang sangat-sangat provokatif khususnya bagi salah satu pemeluk agama mayoritas di negeri ini. Blog tersebut bertitelkan Forum Murtadin Indonesia dan menggunakan layanan pada free blog host Blogspot. Menilik latar belakang keberadaan blog tersebut :

Forum Murtadin Indonesia dibentuk berdasarkan kesadaran para mantan muslim yang telah melihat kebenaran hakiki dalam Islam. KESADARAN YANG MENUNTUN KAMI UNTUK MENGERTI BAHWA ISLAM ADALAH PEMBOHONGAN BESAR – BESARAN. Keyakinan kami dahulu bahwa Islam adalah agama yang termulia telah runtuh setelah kami mengetahui siapa dan seperti apa sebenarnya Nabi Muhammad tersebut.

Kasus-kasus seperti ini sudah sering terjadi diranah internet, dan memang sangat-sangat sensitif. Kita masih ingat saat pemerintah negeri ini pun pernah dengan membabi buta memblock layanan-layanan jejaring social akibat kasus-kasus seperti ini. Diperlukan sikap bijak nan tepat dalam menyelesaikan kasus sara dan sensitif, dan tetap berpijak pada rules dan kesadaran etika bersama.

Jika kita berbicara tentang kebebasan menyampaikan pendapat, memang blog merupakan salah satu media yang sampai saat ini masih cukup lapang sisi kebebasannya. Namun bukan berarti kita tidak mempertimbangkan etika-etika yang jika dilanggar justru akan merusak dan memancing untuk mempersempit sisi kebebasan yang dimiliki ranah blog saat ini.

Saya pribadi sangat menyesalkan atas kemunculan blog Forum Murtadin Indonesia, terlepas dari benar tidaknya content yang disampaikan disana, yang mungkin butuh pengkajian lebih mendalam dari para ahlinya. Namun bahasa penyampaian yang digunakan begitu sangat provokatif yang dapat merusak ketentraman para pengguna internet khususnya para penghuni ranah blog di negeri ini.

Melihat postingan terawal pada blog itu, bisa disimpulkan bahwa blog itu masih baru karena postingan awalnya baru pertanggal 9 agustus 2008 kemaren, yaitu postingan yang bertitelkan Hijrah ke Medinah. Dan melihat tautan pada menu navigasi diatas, saya tidak tahu pasti apakah benar blog itu berkaitan dengan Komunitas Indonesian Faith Freedom. Saya juga ndak tahu apa itu sebenarnya Faith Freedom, silahkan lah anda baca sendiri di situs dan forumnya itu.

Kembali pada penyikapan atas blog yang kontroversi itu, saya hanya berharap kita bisa menyikapinya dengan bijak dan tetap berpijak pada rules serta etika bersama. Jika memang anda merasa terganggu, anda bisa melakukan flagging yang disediakan oleh rumah induk dari blog tersebut yaitu Blogspot. Karena sebenarnya blog Forum Murtadin Indonesia itu sendiri telah melanggar aturan yang ada pada Blogspot.

Salam goblog dengan sehat dan beretika.

83 thoughts on “Blog Forum Murtadin Indonesia nan SARA”

  1. Quoted from link :
    DUKUNGLAH KAMI DENGAN MENYEBARLUASKAN BLOG INI

    Wah mas tape, anda ikut menyebar luaskan juga ternyata ya 😛

  2. kalau kita yakin bahwa baju kita nyaman dan cocok, maka kenakanlah. tak perlu menista baju lain dan pemakainya — bahkan misalnya kita pernah pakai baju itu (atau malah tanpa baju?).

    bukan buat tape sih, tapi buat si empunya blog yang dibahas…

  3. Halah, semoga yang ini bukan spam

    Saya juga tahu beberapa blog macam itu, yang dibuat juga pas Agustus kemarin, dan berdasarkan faithfreedom itu.

    Ah, sudahlah

  4. wah …kok banyak orang suka cari perkara seeh sekarang. apa pada gak bisa ya agama itu disimpen “didalam” saja. gak usah dibawa2 keluar … betul kan tol??? hehehehe

  5. wedew,, *menuju tkp*
    blog apaan nih??
    dsitu ada tulisan, “dukunglah kami dengan menyebarluaskan blog kami”
    ihhhhh…aneh.. menyeramkan

  6. biarin aja ‘Pe… buat nambah content lokal. atau seidaknya buat intropeksi kaum muslim. saya sendiri, biarlah menjadi wasit jika diperlukan.

  7. Pernah nimbrung di IFF. Pernah berdebat dan menjawab pertanyaan2 yg bertubi-tubi ttg islam.
    Seolah2 mereka menemukan kekurangan dan kesalahan islam, padahal cuma memutar balikkan fakta. Ya udah males nanggepin lagi.
    Akhirnya pada kesimpulan bahwa forum tsb hanya untuk menghina islam saja. Seolah2 telah banyak yg murtad, padahal pelakunya ya sama. Siapa hayo???

  8. HEm ya juga mas setelah ngecek ke tkp wow begitu ya …………….tapi kalo aku Agama kan Pakaian = pakaian adalah sistem nilai
    jadi kalo tidak berpakaian berarti tidak memiliki sistem nilai = orang gila
    tapi pakean saya nggak cocok untuk mereka dan sebaliknya
    bukan begitu mas
    analisa genthokelir tapi

  9. Ha..Ha..Ha
    pst yg bwt fans y *** edan tuh

    *maaf komen diedit by admin karena menyebut nama yang bisa menimbulkan persepsi yang berbeda. thx

  10. Iya. Saya juga ketinggalan.
    Saat ke TKP, semua postingannya telah di hapus.
    Kita semua harus bijak menanggapi hal-hal demikian. Makanya kita dilarang memaki Allah SWT. Bagaimana mungkin? Ini dikarenakan kita memaki Tuhan agama lain dan mereka membalas memaki Tuhan kita.
    Menghadapi perbedaan pendapat, setiap muslim harus mampu berdebat dengan cara yang arif.

  11. ada lagi yang senada dengan forum murtadin
    islamexpose.blogspot.com/2008/01/welcome-to-islam-expose.html

  12. mo tanya nih kang, sori gakda hubungannya ama tulisan n komen2 di atas. emang kalo mo ninggalin komen mesti main itung2an dulu yah? (weleh… :p)

  13. assalamualaikum, mari bergabung bersama edakwah.org komunitas muslim di internet yang fokus pada pengembangan dakwah dan isu-isu islan di internet. Mari bergerak aktif memproters keberadaan blog2 yang melecehkan dan menghina Islam. Insulting other faith is not freedom of speech

    http://www.edakwah.org

  14. jangan dibaca, ini mah kompor kalo menurut saya.

    Ketika kita mengklaim diri kita sebagai orang yang bebas memeluk agama sesuai kehendak kita, sejatinya, kita juga tidak menghasut org untuk memiliki pola pikir spt kita.

    Ah, yg kek gini banyak kok mas, mari kita sikapi dengan bijak, gak usah saling nyalahin. Kalo saya… krn dah dikasih tau isinya apa, dan ngintip skrinsyutnya… malasss mampir kesana. Malas saya ngotor2inotak saya dan hati saya dengan pertentangan kek gini. Gak mutu.

    Saya non muslim, suami saya muslim, dan agama bukan satu hal yg harus dipertentangkan. Itu urusan kita dengan yg diatas sana.

    Makasih mas untuk info ini.
    Salam, silly

  15. hancurkan aja kalo ada forum yang kayak gini..
    itu namanya syaitan berbentuk manusia..

    nauzubillah!!

  16. untuk perbandingan bagus juga. saya juga bingung, kenapa hajar azwat yang banyak jinnya itu diciumi umat. yang kita sembah apa??? jawab sendiri aja ya…

  17. kalo gue netrallah, kalo menurut temen2, sebenarnya isi blog tersebut benar atau tidak? coba jawab pake hatinurani! coba pula kita lihat kitab sucinya! kalo misalnya bener, itu namanya BUKAN penghinaan mas, tapi ngasih tahu yang benar. Tapi kalo salah, itu penghinaan… dan harus kita usulkan ditutup ke DPR.

  18. asslamualaikum ww.

    untuk menghindari pengaksesan situs sara seperti MURTADINAFIRUN gunakan OPERA sebagai Default Browser di Komputer anda.

    KLIK PADA TAB PERLATAN
    PILIH “LEBIH LANJUT”
    PILIH “KONTEN YANG DIBLOKIR” DST.

    TRIM’S

  19. ya ga perlu marah2..mudah2an saja para murtadin tersesat di jalan yang benar..amin..buktikan saja dengan sikap dan tindakan terpuji dari setiap muslim. tunjukan dengan segala kebaikan islam jika islam adalah yang terbaik.
    orang lain toh bisa nilai sendiri..
    lha kalo masih banyak orang yang mengaku muslim tapi menghadapi hal seperti ini dengan penuh emosi ya pastilah islam semakin keliatan jeleknya..muslimin wal muslimat tolong dijaga emosinya, hindari kebencian dan permusuhan..
    yang paling penting kita semua harus sadar kalo kita adalah sama2 manusia, sama2 orang indonesia..dari jaman purba sampai jaman sekarang telah banyak korban jiwa cuma karena perbedaan cara berpikir apakah kita harus selalu terjebak dilubang yang sama??
    udah udah biarkan saja ada blog seperti itu, kenapa juga islam harus takut dengan adanya blog seperti itu, tinggal buat aja blog tandingan yang berisi tentang mutu dan kualitas islam yang superior disertai data-data yang lengkap daan ilmiah,.sehingga bisa diterima orang banyak..
    kalo cuma perang dan permusuhan anak sd juga bisa..kalo cuma bisa melarang ini dan itu, ga mau dikritik, pengenya dibagusbagusin terus ya islam ga maju maju dong..

  20. Weee bagus nih buat perbandingan
    Bisa koreksi diri, apakah kita beriman ato berimron

    Langsung ke TKP
    Kalo perlu diprint disebarkan dan dibahas, apa bener ni, ya biasanya ngambil ayat secuplik2 tapi tidak membaca keseluruhan—-jadi sesat deh 🙂

    Ya.. seperti tertulis di ALQ “Moga moga” kita masuk surga, MOGA2 seperti yang tertulis hehehehehe—(sbg bahan renungan)

    Amin

  21. wah…isinya bener2 sama, yang ngaku sbg trulyislam (sorry, ternyata blog ni salah, so Q ga ngedukung penyebarannya, no link ke alamat bersangkutan!)

    kesimpulannya, berapakali pun di hapus sama blogspot, blog ni akan tetep ada, tinggal ganti nama n password, trus jadi! so, biarin aja yah dia teriak2??… yang baik akan tetep baik meski diteriakin jelek, ya kan?? ^^ (piss… islam tu indah, i love islam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.