Blog Forum Murtadin Indonesia nan SARA

Pagi subuh hari ini saya mendapatkan sebuah link dari pakdhe febri via chat di ym, tentang sebuah blog yang sangat-sangat provokatif khususnya bagi salah satu pemeluk agama mayoritas di negeri ini. Blog tersebut bertitelkan Forum Murtadin Indonesia dan menggunakan layanan pada free blog host Blogspot. Menilik latar belakang keberadaan blog tersebut :

Forum Murtadin Indonesia dibentuk berdasarkan kesadaran para mantan muslim yang telah melihat kebenaran hakiki dalam Islam. KESADARAN YANG MENUNTUN KAMI UNTUK MENGERTI BAHWA ISLAM ADALAH PEMBOHONGAN BESAR – BESARAN. Keyakinan kami dahulu bahwa Islam adalah agama yang termulia telah runtuh setelah kami mengetahui siapa dan seperti apa sebenarnya Nabi Muhammad tersebut.

Kasus-kasus seperti ini sudah sering terjadi diranah internet, dan memang sangat-sangat sensitif. Kita masih ingat saat pemerintah negeri ini pun pernah dengan membabi buta memblock layanan-layanan jejaring social akibat kasus-kasus seperti ini. Diperlukan sikap bijak nan tepat dalam menyelesaikan kasus sara dan sensitif, dan tetap berpijak pada rules dan kesadaran etika bersama.

Jika kita berbicara tentang kebebasan menyampaikan pendapat, memang blog merupakan salah satu media yang sampai saat ini masih cukup lapang sisi kebebasannya. Namun bukan berarti kita tidak mempertimbangkan etika-etika yang jika dilanggar justru akan merusak dan memancing untuk mempersempit sisi kebebasan yang dimiliki ranah blog saat ini.

Saya pribadi sangat menyesalkan atas kemunculan blog Forum Murtadin Indonesia, terlepas dari benar tidaknya content yang disampaikan disana, yang mungkin butuh pengkajian lebih mendalam dari para ahlinya. Namun bahasa penyampaian yang digunakan begitu sangat provokatif yang dapat merusak ketentraman para pengguna internet khususnya para penghuni ranah blog di negeri ini.

Melihat postingan terawal pada blog itu, bisa disimpulkan bahwa blog itu masih baru karena postingan awalnya baru pertanggal 9 agustus 2008 kemaren, yaitu postingan yang bertitelkan Hijrah ke Medinah. Dan melihat tautan pada menu navigasi diatas, saya tidak tahu pasti apakah benar blog itu berkaitan dengan Komunitas Indonesian Faith Freedom. Saya juga ndak tahu apa itu sebenarnya Faith Freedom, silahkan lah anda baca sendiri di situs dan forumnya itu.

Kembali pada penyikapan atas blog yang kontroversi itu, saya hanya berharap kita bisa menyikapinya dengan bijak dan tetap berpijak pada rules serta etika bersama. Jika memang anda merasa terganggu, anda bisa melakukan flagging yang disediakan oleh rumah induk dari blog tersebut yaitu Blogspot. Karena sebenarnya blog Forum Murtadin Indonesia itu sendiri telah melanggar aturan yang ada pada Blogspot.

Salam goblog dengan sehat dan beretika.

81 thoughts on “Blog Forum Murtadin Indonesia nan SARA”

  1. Weee bagus nih buat perbandingan
    Bisa koreksi diri, apakah kita beriman ato berimron

    Langsung ke TKP
    Kalo perlu diprint disebarkan dan dibahas, apa bener ni, ya biasanya ngambil ayat secuplik2 tapi tidak membaca keseluruhan—-jadi sesat deh :)

    Ya.. seperti tertulis di ALQ “Moga moga” kita masuk surga, MOGA2 seperti yang tertulis hehehehehe—(sbg bahan renungan)

    Amin

  2. wah…isinya bener2 sama, yang ngaku sbg trulyislam (sorry, ternyata blog ni salah, so Q ga ngedukung penyebarannya, no link ke alamat bersangkutan!)

    kesimpulannya, berapakali pun di hapus sama blogspot, blog ni akan tetep ada, tinggal ganti nama n password, trus jadi! so, biarin aja yah dia teriak2??… yang baik akan tetep baik meski diteriakin jelek, ya kan?? ^^ (piss… islam tu indah, i love islam)

  3. rasullullah semenjak kelahirannya sampai diangkat menjadi rasul dipuji dan dihormati oleh para kafirun, mereka membenci, menghina dan bahkan ingin membunuhnya karena membawa ajaran tauhid, jadi semenjak itulah rasullullah selalu dihina dan dilecehkan oleh para kafir-kafir itu sampai sekarang, justru sebagai muslim dengan ini blog seperti ini menambah keimanan dan keyakinan saya terhadap islam. islam itu semakin dihujat akan bertambah banyak menjadi muallaf, malah sekarang para kafirun makin ketakutan melihat perkembangan islam di eropah dan amerika.

  4. memang yang berbau SARA amat sensitif, dan tidak seharusnya diexpose, seperti pencantuman agama pd KTP. Agama itu adalah urusan pribadi dengan Sang Pencipta, tidak perlu diperdebatkan.

  5. Suatu keyakinan/agama harus mempertahankan kebenarannya dengan ujian logika dan hati nurani serta perkembangan budaya manusia…. Kalo Agama/keyakinan tsb gagal melewati ujian tersebut…….TINGGALKAN!!! Karena waktu anda didunia hanya sebentar..!!!

  6. Amad kecut…. becanda lu ya..????
    ngawini anak 9 tahun kan sunah rosul… logis kan..!!! mangkanya syeh Puji….. hehehe tak merasa salah…yang salah itu UU yang yang melarang anak 9 th dikawinin…

  7. sikapi aja dengan bijak…. jangan dulu menyanggah. coba dicek kebenarannya tentang ayat-ayat yang dimunculkan. bener ato tidak. dan tercantum ato tidak. kalo gak ada ya…. berarti bo’ong…. kalo ternyata bener ada, harus diterima dengan lapang dada….^_^ semua kembali kepada kita masing2…. kan yang tanggung jawab nanti di akhirat diri kita sendiri……

  8. setelah saya baca ini, ternyata orang kristen kebakaran jenggot karena akupun menjadi seorang muallaf, islam rahmatan lil alamin.

  9. kebenaran tetap kebenaran ” seperti tahu mau di balik berapa kali tetap tahu”. Kebenaran iman tdk dapat dibuktikan secepat orang memprofokasi “merusak kebenaran” Yesus bersabda : Akulah Jalan Kebenaran dan Hidup; siapapun tidak dapat sampai ke Surga (ALLAH) jika tdk melaluiNYA’ . Hari kiamat akan membuktikan itu !

  10. Forum itu memang hal wajar, karena islam sendiri juga ngeblog yang nggak2 kok tentang non muslim. karena kitalah yang membenci yahudi dan nasrani. lagian betul juga ayat2nya. Aku justru berdoa dengan logika dan hati yang benar biar disingkapkan kebenaran kepadaku. ditanamkan kebencian kepadaku oleh kedua orang tuak, bahwa yahudi dan nasrani musuh terbesar islam. untuk apa di agama kita diajarkan hal yang demikian. padahal awak sendiri memakai teknologi orang kafir.

  11. saya setuju dengan penghapusan tulisan yang akan mengganggu keutuhan NKRI, baik kristen, islam, budha, hindu untuk tidak saling menjelek-jelekan satu dengan yang lainnya….

  12. kita jgn terlalu menutup mata tentang masalah yg ada di sekitar . . .

    coba anda search di om google forum mualaf indonesia ada gk???

    perlu gk di tutup???

    apakh kita harus menutup mata dgn hal itu???

    saya sich uda ke tkp di sana ada di buat yg komplain bisa mengirim email ke blog ntu. . .
    bahwa menyatakan tulisan mereka salah. . .

    mungkin perlu jg di baca sebagai perbandingan
    dengan kebenaran yg kita tahu. . .

    salah satu sifat yg membuat indonesia terpuruk adalh terlalu menutup mata dengan kenyataan. .

  13. Ngawinin anak umur 9 tahun sunnah rosul???? subhanallah…… kalian punya anak umur 9 tahun ga? trus kasih kawin sama orang tua umur 55 tahun… mau???? ajaran sesat koq diikuti…. dasar rasul bejad.. nabi.. sesat.. agama haram jadah… ajaran kiamat. Pakai logika dong… mens aja belom dah digituin… normal ga tuh nabi kita?? nyesal jadi orang islam dot com.

  14. Forum Murtadin Indonesia =
    Forum sampah, ga ada yang bisa diambil isinya. Lagian yang ngisi artikel2nya sudah pasti sampah2 dari Agama Islam. Ketika mereka memeluk agama Islam, mereka selalu mengharapkan sesuatu yang instant, tidak mengenal adanya hidayah dan turunnya hikmah .. jadi waja kalo mereka itu kaum yang frustasi …. dasar sampah mereka !!

  15. kaum murtadin yang ngomong ngaco dan memiliki misi memecah belah kerukunan umat beragama khususnya memusuhi islam .. buat saya menambah keyakinan terhadap agamaku islam .. dan kebenaran alquran .. kitab suci yang benar datang dari allah swt .. buktinya didalamnya caci maki dan tipu daya setan atau setan berbentuk manusia akan menggoda manusia dari segala arah ..dan ini dijelakan ribuan tahun yang lalu dalam al Quran ..dan terbukti sekarang oleh sikap kaum murtadin ini yang tidak lain adalah sekelompok setan berbentuk manusia … terimakasih kepada kaum murtadin .. yang telah membantu saya menambah keyakinanku pada agamaku .. islam aku percaya Muhamad adalah nabiku, Allah Tuhanku .. dan Alquran adalah kitab suciku … saya doakan semoga kaum murtadin mendapat hadayah dan ampunan dari Allh swt….amiin wassalam

  16. Sememangnya forum sampah yang dipelopori manusia dalam kelompok goyim (manusia berotak lembu). Mereka buta sejarah – bagaimana agama Kristian itu diasaskan. Kebobrokan Kristian itu ditujukan kepada Islam pula. Pada tahun 2046, penduduk Amerika yang beragama Kristian akan menjadi golongan minoriti – itu kata cerdik pandai orang Kristian. Banyak buku yang tersebar yang mendedahkan keburukan gereja, kekejaman para paderi serta pope, penyelewengan serta penipuan yang ada dalam Bible.

  17. blog murtadin menunjukan bahwa mereka iri kepada kemuliaan dan kebesaran agama islam
    silahkan hujat/hina islam, semakin dihujat semakin mulia.

    ketahui lah dihati mereka terdapat kegelisahan yang luar biasa hidupnya menjadi tersiksa sampai mati.azab kubur siap menanti mereka,dan siksa neraka sudah pasti.

    sesungguhnya mereka(murtadin) bukan mengikuti jalan setan justru sebaliknya setan yang mengikuti jalan mereka

    coba bayangkan….betapa durhaka nya mereka,yang durhakanya melebihi setan

    murtadin gak usah disuruh tobat, suruh tunggu mati aja….

  18. coba tunjukin tuh jati diri, buat plang murtadin yang gede biar semua orang tau. Brani nggak tuh? Jangan hanya berkoar-koar jelek-jelekin agama yang ada

  19. MANA ADA ORANG KRESTEN PEMAHAMANNYA SEDALAM SI MURTADIN. MENURUT SAYA MEMANG MEREKA MANTAN ISLAM YA ?

  20. Setelah dibaca semua artikel di blog tsb (sekitar 110 artikel,belum termasuk tautannya),aku simpulkan mereka orang-orang islam pintar yang murtad yang memiliki document/arsip atau buku-buku referensi.Karene setiap artikel ada pendukung nama buku dan pengarang dan kutipan ayat alquran.Mereka kaum murtadin tersebut sepertinya sangat menguasai sejarah islam.Tentu mereka orang sekolahan,bukan tak mungkin doktor di bidang keislaman yang murtad,dan tak mungkin orang-orang indonesia yg murtad yang membuat,sebab darimana buku referensinya di dapat kalo tidak dari negeri arab sana?.

  21. yang namanya blog atau pun apa, isinya berupa informasi. butuh kedewasaan untuk menggali dan mencerna isinya. jangan langsung menuduh bahwa blog ini sesat atau provokatif.

    justru dengan adanya blog tersebut kita mendapat pencerahan untuk lebih mengenal lebih dalam lagi agama yang kita anut.

    untuk belajar, jangan sistem keroyokan atau apa kata orang. dalam artian, orang lain bilang sesat kita latah ikutan bilang sesat, padahal belum tentu.

    Cara yang baik untuk menguji kadar keimanan kita atas agama yang kita anut, adalah :
    1. pelajari blog tersebut dengan seksama, bila perlu diprint.
    2. apa yang dikatakan oleh blog tersebut, kita buktikan dengan membuka alquran, baca ayat demi ayat, apakah benar seperti yang dikatakan oleh blog tersebut.
    3. garis bawahi yang tidak dimengerti, lalu tanyakan kepada yang lebih mengerti (ustad, kiai, dll).
    4. pelajari secara personal. jangan ajak teman atau saudara atau orang lain (karena akan dipengaruhi atau tidak dapat menemukan yang sebenarnya).
    5. sebelum selesai mempelajari atau mengkaji blog tersebut, jangan buru2 berkoar2 kepada orang lain.
    6. berdoa minta petunjuk Allah (hidayah) agar dibukakan pengertian saat membaca isi blog tsb.
    7. bandingkan dengan kitab lain (Alkitab, misalnya) apakah memang benar atau salah apa yang dikatakan oleh blog tersebut.
    8. akhirnya, jika telah menemukan jawabannya, aminkan bila benar, laporkan bila salah. dan tetap hanya Anda dan Allah saja yang tau.

    Salam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*