Create Mobile Version for your Blog (WordPress)

Dijaman serba mobile sekarang ini, alangkah sangat bijak jika kita menyediakan layanan mobile version pada blog kita. Hal ini tentu saja dalam rangka penghematan bandwidth dan kenyamanan saat blog kita dibuka melalui perangkat handphone, PDA ataupun mobiles gadget lainnya.

Menggunakan test tool pada situs Mobi Site Galore kita bisa melihat seberapa besar bandwidth dan kecepatan, saat blog kita di akses menggunakan perangkat mobile. Berikut adalah hasil test pada blog ini sebelum menggunakan mobile version :

Pada blog yang menggunakan WordPress sebagai enginenya, kita bisa membuat mobile version dengan menggunakan plugin Alex King’s WordPress Mobile Edition. Instalasi plugin ini cukup mudah, anda tinggal membaca readme yang terbundel pada file download plugin tersebut. Plugin ini akan  auto detect saat di akses via perangkat mobile, maka akan langsung terarahkan pada mobile version. Berikut adalah tampilan mobile version  blog ini:

Dengan tampilan tanpa grafis maka user akan lebih nyaman saat mengakses blog kita menggunakan perangkat mobile, dan tentu saja hal ini menghemat bandwidth dan menghemat biaya akses. Untuk images pada tiap postingan secara default akan masih ditampilkan, namun jika user menghendaki tidak tertampilkan, user bisa menyeting pada perangkat mobilenya untuk tidak menampilkan image.

Dan kembali menggunakan test tool pada situs Mobi Site Galore bisa kita lihat perubahan yang terjadi setelah blog ini terpasang mobile versionnya :

Site size yang tadinya 236.58k menjadi hanya 3.40k, estimasi kecepatan akses via gprs yang tadinya 59.35s menjadi hanya 2.82s dan via 3G dari 14.14s menjadi hanya 1.19s. Menarik bukan?

notes : info via bloggingtips.com

22 thoughts on “Create Mobile Version for your Blog (WordPress)”

  1. ealah ini ta yang katanya mainan baru? wkwkwk tak cek liwat opmin memang tinggal separo ukurane. mantap nda, hemat di ongkos. gawe blogcepot blogsiput blogsepet blogspot piye cak?

  2. wah saya ndak paham sama sekali sama mobile blogging. tapi, kalo sampe buka blog tanpa gambar ‘kan berasa ada yang kurang tuh?

  3. wah, makasih infonya, mas epat. kalau ndak salah, saya dulu pernah pakai plugin ini, mas. tapi kayaknya ndak terdukung oleh theme yang saya pakai. akibatnya payah. malah jadi boros bandwith, dan banyak errornya. utk kali ini perlu dicoba lagi kayaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*