Tips Merubah Default Avatar pada Blog WordPress

Seperti yang bisa dilakukan di wordpress.com maka blog yang menggunakan engine wordpress bisa juga merubah tampilan default avatarnya. Generated dari Gravatar, Identicon, Wavatar, MonsterID, maupun menggunakan image sendiri untuk author komentar yang belum memiliki akun di gravatar dan lainnya.

Untuk wordpress 2.5.1 mengganti default avatar ini tidak perlu menggunakan plugin, cukup sedikit merubah pada file comments.php. Kita juga bisa memisahkan default avatar khusus untuk trackback dan pingback sesuai keinginan kita jika ingin menggunakan image sendiri.

Berikut code untuk merubah default avatar tersebut yang saya ambil dari themes structure nya Justin Tadlock :

<div class="gravatar">
<?php
if($comment->comment_author_url == true) {
echo "<a href=\"$comment->comment_author_url\" rel=\"nofollow\" title=\""; comment_author(); echo "\">";
}
$comment_type = get_comment_type();
if($comment_type == 'trackback' || $comment_type == 'pingback') $avatar = get_bloginfo('template_directory').'/images/trackback.jpg';
else $avatar = 'monsterid';
echo get_avatar(get_comment_author_email(), '50', $avatar);
if($comment->comment_author_url == true) echo '</a>';
?>
</div>

Code diatas adalah seperti yang saya lakukan di blog saya ini, default avatar untuk author yang tidak memiliki akun gravatar dan sebangsanya saya ambil dari MonsterID, dan untuk trackback dan pingback saya menggunakan image sendiri. Anda bisa customize sesuai dengan keinginan anda tentunya. Atau mungkin anda bisa berbagi dengan cara yang lain?

44 thoughts on “Tips Merubah Default Avatar pada Blog WordPress”

  1. jadi kalo ga punya avatar, avatarnya berubah jadi monster? sama kayak punya saya dooong.. hihihihi

    *untung udah daftar gravatar*

  2. @-tikabanget- – iyah tik, maaf gak sempet mampir n ketemu sama teman-teman CA. semoga lain waktu diberi kesempatan untuk bertatap muka dengan teman-teman semua.
    @edy – coba di check pada file comments.php dan cari tags :
    echo get_avatar($comment, $size='50');

  3. Gara-gara terlalu sering koment dengan username sapimoto, tanpa register dulu di gravatar, akhirnya tidak bisa register dengan nama itu….

  4. oyy ams mo tanya plugin yang buat bisa ediit koment selang waktu beberapa menit itu apa nama na url nya skalian klo sempat

  5. Makasih, saya sudah coba dan berhasil. Tapi permasalahannya avatarnya bukan pada sebelah kiri tp diatas komentar. Bisa minta bantuannya untuk penyelesainnya?Matur nuwun.

  6. udah mengganti image di gravatar tapi kenapa image avatar yang lama tetep aja, g bisa ganti tu.. gmn gan? solusi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*