Pemerintah akan Bebaskan Perizinan ISP

Judul diatas saya kutip dari berita terbaru yang ada di Detiki-Net sore ini. Katanya sieh, Pemerintah melalui Direktorat Pos dan Telekomunikasi berniat akan mengeluarkan kebijakan baru untuk membebaskan perizinan ISP dan akan diganti dengan hanya kewajiban register.

Kata Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi Basuki Yusuf Iskandar:

Spiritnya kita ingin memudahkan dan menggairahkan industri internet. Sehingga diharapkan bisa menggalakkan industri konten dan memacu kreatifitas

Proses perizinan yang selama ini memakan waktu 3-4 bulan, bahkan bisa sampai 1 tahun tentu akan menjadi lebih cepat. Namun lebih lanjut menurut Pak Basuki tersebut kebijakan itu masih dalam tahap pengkajian karena perlu dipertimbangkan beberapa implikasi hukumnya agar tidak menjadi kebijakan yang kebablasan dan kalau bisa tahun ini sudah terlaksana.

Berita baik atau berita buruk bagi dunia teknologi informasi dinegeri ini? Mungkin dengan melihat maraknya ISP-ISP Spanyolan ( Separuh Nyolong ), kebijakan ini akan membuat ISP-ISP spanyol tersebut bisa mendapatkan status yang legal dan tentu saja akan semakin membangkitkan gairah dunia usaha dibidang Teknologi Informasi Indonesia.

Namun tentu saja jika kebijakan ini terrealisasi dan akan muncul ISP-ISP baru maka akan memunculkan persaingan yang ketat diantara pengusaha-pengusaha jasa layanan koneksi internet, dan kesiapan persaingan secara sehat pun akan dituntut. Jangan justru kebijakan baru ini akan menjadikan bumerang bagi dunia bisnis TI di negeri ini, karena yang muncul nantinya justru pertikaian-pertikaian dan persaingan yang tidak sehat sesama pengusaha ISP.

Semoga kebijakan ini benar-benar meningkatkan appresiasi masyarakat rakyat indonesia terhadap dunia TI dan bukan hanya kebijakan-kebijakan yang memiliki label “niat baik” pemerintah namun diiringi dengan kepentingan-kepentingan orang-orang disekitar perumus kebijakan tersebut seperti “biasanya”. Dan semoga juga komponen masyarakat TI indonesia siap bersaing secara sehat dan bersama-sama membangun kemajuan TI dinegeri ini. ( Ngopi bareng loh iseh enak… ๐Ÿ˜‰ )

( Berita selengkapnya di detiki-net…)

9 thoughts on “Pemerintah akan Bebaskan Perizinan ISP”

  1. kalo regulasi ndak jelas, apa gak tambah ‘ancur’ bisnis ISP ?

    anyway, nice header.. I like it

    *Betul pak, makanya kita tunggu saja hasilnya. Kalau gak jelasnya gara-gara perumus kebijakannya gak ngerti dunia ISP kayaknya naif banget deh, yang mungkin itu sengaja dibuat gak jelas untuk menguntungkan orang-orang yang ikut merumuskan kebijakan tersebut huehehe… kayaknya skeptis banged ya? tapi kan kebiasaan dinegeri ini memang seperti itu, betul enggak?

  2. moga-moga biaya langganan internet jadi lebih murah…….
    plsss…plssss……

    *Murah opo gratis? Hahaha… Nguyuh ae loh mbayar gopek predhtz! Semua mahal dinegeri ini! benci deh….

  3. gak papa lah kalo mbayar gopek buat nguyuh + akses internet sepuasnya…..
    hiks…hiks…mimpi kali yah???

    *Gawe negoro dewe ae jess….kekeke mimpi juga kali ye???

  4. lha aku ae saiki wes isok nguyuh bayar gopek sambil internetan pake gprs :p.
    sing gak nguwati pas ngising sambil gprs-an ๐Ÿ˜€

    *Gubrakz!

  5. maap..gak sesuai tema..hihi.
    cuman mo bilang…ini blog…bisa bagus banget ya….:)

    *Thanks, tapi sebenarnya saya hanyalah seorang pengguna dan pengedit apa yang bisa saya edit ๐Ÿ˜‰

  6. Hmm msh niat aja jgn digosipin rame2..Ntar malah batal lg..hik..
    Kata Tuhan temen saya: “Oh gak popo wong niat thok wis entuk pahala kok..(sambil nyengir)”
    Nah..marilah perbanyak niat2 kita hehehe..

    *Niat bikin isp? Melok mengko nak gak sido oleh kodew ndek kene huehehe

  7. Fyuh, nice blog…. he he he akhirnya nyasar masuk blog-ke si Kumpeni tape ketan…. he he he….terus berkarya bro…maju teyus pantang jadi undur2….

    Merdeka!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*