Manusia menyukai Ilusi dan Kebohongan

Ilusi mungkin kata yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Berasal dari kata illusion yang berarti penyimpangan atau pemutar balikan atas penampakan atau apa yang kita rasakan. ( wikipedia : illusion is a distortion of a sensory perception ). Mungkin kata ilusi ini lebih akrab dalam pertunjukan-pertunjukan sulap atau magic show, dan lebih sering persepsi maknanya hanya sebatas pengkodisian penampakan. Dalam perbagai pertunjukan sulap sering kita saksikan bagaimana mereka tukang sulap begitu canggihnya memanipulasi kondisi atau adegan sehingga benar-benar muncul persepsi yang seolah-olah hal itu adalah nyata. Ditambah lagi dengan gaya penyampaian dan aksi panggung yang memukau penonton, menambah kedramatisan dari aksi para tukang sulap.

Ada sedikit yang ingin saya renungkan disini, yaitu berkaitan dengan ilusi dan dusta atau kebohongan. Kalo kita ambil contoh ilusi dalam pertunjukan sulap, maka kita bisa mencermati sedikit bahwa sebenarnya ilusi yang dilakukan oleh tukang sulap itu adalah kebohongan yang mendapat sentuhan entertain sehingga penonton pun akan berdecak kagum dan menyukainya. Dan situkang sulap pun akan akan semakin senang jika penonton benar-benar menyukai pertunjukan ilusinya. Begitu juga dengan saya pribadi, terkadang saya benar-benar menikmati dan merasa senang jika saya menyaksikan pertunjukan-pertunjukan sulap dengan aksi ilusi tingkat tinggi.

Manusiawi? mungkin bisa dikatakan seperti itu. Atau mungkin dengan kalimat “it’s just entertaint’s show, man!”. Ya, benar sekali, saya tidak akan berpikir dan mengatakan bahwa tukang sulap adalah pembohong atau pendusta demi kesenangan. Walaupun bisa dikatakan begitu hehehe. Saya ingin sedikit merenungkan tentang sisi sifat manusiawi kita tadi, bahwa kita sangat menyukai atas ilusi-ilusi atau kebohongan-kebohongan yang kita terima apalagi jika ilusi itu menyenangkan untuk diri kita dan diri kita menjadi terkondisikan untuk menikmatinya.

Contoh, sudah menjadi rahasia umum bahwa seorang wanita akan sangat-sangat menyukai jika kekasihnya mengatakan bahwa wanita itu cantik, sexy dan perkataan-perkataan lain yang menyanjung sang wanita atas kefeminimannya. Padahal belum tentu sang kekasihnya tadi benar-benar jujur kan? Ya namanya juga demi kekasih, orang yang dicintai. Dan bisa jadi kondis yang terjadi sesungguhnya adalah wanita itu jauh dari syarat-syarat kecantikan yang standard. “Cantik itukan relatif bung?”, bisa jadi dan memang menurut teori einstein bahwa didunia ini penuh dengan kerelatifan semua. Saya tidak aka melanjutkan pembahasan masalah standard-standard kecantikan itu, tapi saya akan membahas bahwa kita disini terkadang dan usually sangat-sangat menyukai kondisi terbohongi dan bahkan bagi si pembohong sendiri dia akan-akan sangat menikmati atas kebohongan yang dia lakukan dan berhasil mengkondisikan sang objek terbohongi untuk menikmati segala kebohongannya. Dan sipembohong ini tadi akan mencoba menggunakan segala cara termasuk memberikan sentuhan-sentuhan entertain dan hal-hal lain yang disukai sang objeknya. Bukan begitu?

Coba deh kita kembali melihat pada perjalanan sebuah negeri yang namanya Indonesia ini, pada awal-awal pasca kemerdekaan 1945 Bung Karno berhasil mendapatkan simpati dan kepercayaan seluruh bangsa bahkan mungkin bisa dikatakan dunia. Namun setelah tercetus kasus G30S yang smp skrng cerita sejarahnya masih simpang siur, Kekuasaan negara pun mulai berpindah. Dan Soeharto muncul sebagai adikuasa baru dinegeri ini yang dilengkapi dengan cerita supersemarnya. Perlahan namun pasti kekuasaan Soeharto semakin kokoh, program-program pembangunan dijalankan diberbagai bidang. Propaganda kesetabilan nasional digunakan untuk menjaga keutuhan negeri, walaupun sebenarnya lebih untuk menjaga kekuasaan Soeharto. Tapi bagaimana dengan rakyat negeri ini selama Soeharto berkuasa? Menikmati! ya…sekali lagi hampir semuanya menikmati atas semua yang dilakukan Soeharto dengan kekuasaanya. Dan sampai-sampai lupa kalau Soeharto telah berkuasa selama 30 tahun! Namun apa yang terjadi sesungguhnya? apa yang telah dilakukan Soeharto? ternyata program-program pembangunan selama ini dilakukan atas dana hutang, dan menyisakannya sebagian untuk disimpan dan dibagi-bagi dengan kroni-kroni korupsinya. Rakyat merasa tertipu? tidak semudah itu menguak kebohongan-kebohongan yang telah dilakukan Soeharto bersama kroni-kroninya. Sampai sekarang pun ternyata hukum-hukum yang berlaku dinegerini telah disiapkan oleh bapak tirani kita itu untuk dapat menyelamatkan dirinya dan kroni-kroninya dari jeratan pengadilan. Negeri ini telah terbohongi dan terilusi dengan sangat-sangat menyenangkan!

Ada lagi? masih banyak contoh-contoh dan kasus-kasus dikehidupan kita sehari-hari. Coba saja kita mencermatinya satu demi satu, maka kita akan menemukan banyak sekali kasus dan cerita bahwa kita manusia suka dan akan sangat menikmati ilusi dan kebohongan-kebohongan yang mampu menyenangkan kita.

Anda bisa lihat gambar dibawah ini, sebuah gambar ilusi yang menyenangkan. Menyenangkan bagi yang melihatnya dan menyenangkan bagi pembuatnya karena ini memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Ilusi

Gambar ini saya ambil dari situs Visual Illusion. Coba anda perhatikan baik-baik, sepintas kotak yang ada tulisan A warnanya berbeda dengan kotak yang bertuliskan B. Tapi sesungguhnya itu hanyalah ilusi, karena jika anda memakai tool untuk mengecek jenis warna maka kedua kotak itu akan memiliki warna yag sama yaitu #787878. Ilusi dan terbohongi menyenangkan bukan? ;)

Memang mungkin tidak semua kondisi ilusi dan terbohongi menyenangkan , tapi itukan jika kita telah mengetahui kenyataan yang sesungguhnya terjadi dan hali itu membuat kita merasa tersakiti. Selama kenyataannya tidak terungkap bukankah kita masih akan menikmati dari kesenangan-kesenangan ilusi tersebut?

Mungkin ada beberapa kebohongan-kebohongan yang katanya bertujuan demi kebaikan, misal ada orang yang dikejar-kejar hendak dibunuh dan dia bersembunyi dirumah seseorang. Kemudian sipemilik rumah berbohong kepada sipembunuh dan mengatakannya kalo calon korbannya itu bersembunyi dirumahnya dan dia akan tetap melindungi sikorban sampai pembunuhnya itu pergi. Atau mungkin contoh lain adalah orang tua yang sering membohongi kepada anak-anaknya yang masih kecil dengan menakut-nakuti akan ada hantu, ular, harimau dll agar anaknya tidak nakal. Masih banyak contoh-contoh lain lagi kebohongan-kebohongan yang katanya demi kebaikan atau bisa jadi dikatakan sebagai kejujuran tertunda. Walaupun sesungguhnya tetap saja esensinya itu sebagai sebuah kebohongan dan dusta. Dan semoga Ilusi dan Kebohongan Terbesar itu benar adanya untuk kebaikan manusia didunia ini!

notes: “Renungan ini terinspirasi dari kasus teman saya, si tengik16


9 Comments

Dan khayalanmu yg tertinggi adalah..”Kapan yah bisa dapet gelar S1?”
Wakakak…wekekeke…

*Aku loh wes ST, Sek Ta lah….hahaha

Dan ternyata anda (dan juga saya) sekarang terperangkap juga dalam sebuah ilusi yang namanya Dunia. TUKANG SULAPE sing gae iki ngetop yo ? wakakakak. Wis talah pe .. kuliah mu kae lo urusan hahahahahahah ( plek ambek beton )

*Heh, DuhNia? Kuliah? wes kok…. WES TAU! hahaha

senyum-senyum sendiri …..oh yeah…
rek, aku iki dudu artis..bwahhahahaa

*Anda memang bukan artis, hanya seorang “lakon” salah satu dongeng dalam kehidupan ini. Jadi endinge lakonmu piye le? trus bumbu lakon percintaane? hehehe, Eling! iku anake UWONG! Ojo digondoli mrena mrene ae koyok biasane, ndang dirabi :-P

loh pe? kapan teko? asu kok ra kabar2. piro kabare le? :-D
hayoh wis….. kapan? tp ojo ambek awakmu yo…bwahahahaha…
lakone tengik apik2 ae. mbendino ndadut….dudududud

*Senengane kie loh geret-geret :-P … sinih..sinih le..thole.. come to papa.. :-D

tidak usah membahas kebohongan
sebab kita semua adalah pembohong beuusaaar… wakakak, wekekek, wukukuk, wokokok, jebrol, jeroane.

jang heran mas lah wong qta hidup aja emang panggung sandiwara…! iya…toh

I like illusion (ilusi in Indonesia)especially all about eye trick, magic eyes, and visual phenomena like your picture above.

Great.

hidup kan pilihan

Bagus.. aku ternyata mataku tertipu, padahal setelah di download gambar di atas kemudian aku edit di photoshop eh ternyata warna A dan B sama.

Bagi teman-teman yang suka gambar-2 ilusi yang menantang silahkan kunjungi http://magiceyes.co.cc
Semoga terhibur.

Terima kasih.


Leave a Comment