Manfaat Kopi

Secangkir kopi bagi saya adalah sebuah awal dari segalanya. Bukan berlebihan atau mengada-ada, tapi memang sejak dulu saya bisa dikatakan maniak terhadap jenis minuman yang satu ini. Dalam sehari mungkin saya bisa menghabiskan bergelas-gelas kopi, pagi, siang, sore, dan malam hari. Iseng-iseng saya mencari artikel tentang beberapa manfaat kopi untuk kesehatan, tentu saja ini mungkin bisa dikatakan hanya sebuah retorika pembelaan diri. Tapi saya pikir ini patut kita ketahui juga dan menjadi pengetahuan yang mungkin suatu saat akan bermanfaat.

Berikut beberapa point dan manfaat dari secangkir minuman yang bernama kopi, yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber :

  1. Delapan puluh persen orang dewasa di dunia minum kopi sedikitnya sekali sehari. Wow, saya banyak temannya! 😉
  2. Kafein yang terkandung didalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan.
  3. Kafein membantu Anda untuk bisa berpikir lebih cepat. Cobalah mengkonsumsi kopi atau teh 15 menit atau 30 menit sebelum Anda melakukan wawancara pekerjaan atau memberikan presentasi pada atasan. Hasilnya mungkin akan cukup lumayan, karena kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti mampu memberikan ‘sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak.
  4. Kafein mencegah gigi berlubang. Cobalah untuk meminum secangkir kopi hangat atau teh hangat sesaat setelah Anda mengkonsumsi cookies, cake coklat yang lezat, permen rasa buah atau sepotong roti manis. Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam minuman ini ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.
  5. Kafein mengurangi derita sakit kepala. Penelitian menemukan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh (dalam jumlah tertentu) sanggup menolong mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic. Penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit kepala Anda dengan minuman berkafein.
  6. Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.
  7. Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama.
  8. Kafein bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik.
  9. Perempuan yang minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis).
  10. Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.
  11. Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.
  12. Kafein juga melindungi jantung dan kanker.
  13. Untuk mengurangi risiko pengidapan diabetes mulailah meminum kopi. Seseorang yang minum kopi lebih dari enam cangkir sehari berisiko rendah terserang diabetes dibanding dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali. Demikian simpulan sebuah riset skala besar yang dilakukan pada 80 ribu orang selama 18 tahun di AS.
  14. Parkinson jarang ditemukan pada orang yang minum kopi secara teratur. Sebuah riset menyimpulkan penyakit ini justru ditemukan pada pria yang tidak minum kopi tiga kali lebih banyak daripada pria penikmat kopi.
  15. Minum kopi membuat sperma “berenang” lebih cepat dan mampu meningkatkan kesuburan pria. Hal ini diumumkan para ilmuwan Brasil dalam pertemuan “American Society for Reproductive Medicine” di San Antonio, dimana pembicaraan utama berkisar pada efek obat-obatan terhadap kesuburankaum adam.

Banyak bukan manfaatnya? Jadi mengapa anda tidak mulai mengawali hari-hari anda dengan secangkir kopi? 😀

Sumber : detikhealth, cyberman, solusisehat, alatkesehatan dan waspada

77 thoughts on “Manfaat Kopi”

  1. yup!

    bener….

    apalagi ngopienya di kafet….

    ahuehuehueheehehehhe… \:D/

    *Hahaha…asem, ayo wes berangkat kekafet! enaknya lewat mana pake apa? 😛

  2. Yup bener…..
    Kopi-nya kafet masih nikmat ngga yah??
    btw, dari sekian banyak manfaat, kenapa cuma bagian terakhir yang di BOLD??? Pasti ada hubungannya sama Epat…..:P

    *Katanya kafet ganti pengelolal baru lagi tuh, dan kata rendra kopinya lebih mantab! jadi pengen nyoba deh 🙁

  3. kopi bikin vi3 deg-degan.. 🙁

    *Ums… Tidak terbiasa munim kopi kali? Kalau sudah terbiasa pasti ndak deh, asal sesuai dosis anjuran dari dokter 😀

  4. Sebenernya dari sekian banyak manfaat kopi yg ada hubungannya sapa Tape tuh ini:
    Kopi dapat meningkatkan penampilan mental..
    Dulu..duluuuuu sekali…
    Sebelum Tape suka minum kopi, masih suka mimik cucu..
    dia tuh orangnya ngiler-an..weee…
    *eh kayak testii di FS yah…maap…maap…Pe..
    Hiks.

    *Wah bos satu ini memang perhatian banged sama saya yah…hehehe thanks eniwei (grrrrrr…)

  5. Saya tidak suka secangkir kopi….

    tapi

    saya suka Kopi dalam gelas plastik besar berwarna merah yang diminum bergantian oleh tiga orang di suatu malam yang mau berangkat pagi ( kangen ! )

    *Hikz yoi pha!

  6. link detikhealth salah tuh…. kalo aku senengnya ngopit… kalo ngopi males =))

    *Hehehe ojit bos suwun, btw ngopit iku opo bos?

  7. hmm i love coffee too….pa lagi in the morning…tapi, soal kesehatan bener juga kok minum kopi tuh mengurangi risiko penyakit jantung…gw baca di tempo…dengan catatan..asal jangan kebanyakan…

    *Tuh kan bener… betul itu asal gak kebanyakan. Eh tapi itumah berlaku bwat apa aja, asal gak kebanyakan dan berlebihan eprithing is ok bukan? 😉

  8. kanggo dudi+epat = kopi bikin hidup tambah hidup. kopit bikin yg gak hidup jadi hidup. kekkeke..
    kanggo padank = gelas merah? hmmm…:-p

    *Apalagi ngopi setiap malem ditemenin cewek ya henk? dan kopi itu bikinan cewek itu? plus kopinya adalah kopi aceh! manstab weeesss! huehehe btw, ngopit itu apa sieeeh?

  9. ngopit iku bukan kerjaanmu sehari-hari ta? =)), bener kata tengik16 tuh kalo ngopit bikin yang gak hidup jadi hidup. bwahahahaha

    *Loh ya.. ngopit itu apa? duh gak jelasisasi kabeh!

  10. Kopi mmm paling enak itu kopinya pak item, yang punya warung kopi deket poskonya AP di banda 🙂 apalagi klo ngopinya jam 12-an keatas bisa sambil liat langitnya aceh di malam hari di tambah lagi klo tiba2 ada bintang jatuh wuih romantis banget ya klo pas kayak gitu sama pasangan kita hehehe

    *Ehem..suit..suit… yang gi mabuk asmara… 😉 jadi bikin saya kangen aceh neh huehehe..

  11. Epat dkk (include me) = Ngopi bikin hidup kaya warna…..
    Henkie = kopi bikin sakit gigi, mag, dll…(kamu minum teh pahit aja henk….gak usah ikutan ngopi)…

    *Ojit pred! Eh hengky sudah enggak ngopi? wala-wala heeenk… gigi dan lambung bosok aja loh untuk apa dieman-eman? dijual diloakan juga dijamin deh gak ada yang mau beli 😛

  12. rameh! penuh pemabuk kopi! 😀 *dadah2*

    huhu

    *Memang kok, ngopi bareng itu nyaman 😀 tapi kenapa saya ditinggal ngopi bareng malam ini? huwaaa… jahat kalian yah! ngajak ngopi bareng kok ya pas perut saya lagi diserang kemulesan tiada henti huh!

  13. tambahan :
    manfaat lain dari kopi yang tanpa sadar kita sudah ketergantungan dan kecanduan diantaranya :
    – foto kopi
    – kopi paste
    – hardkopi
    – sofkopi
    – kopi data
    – kopi saja
    – kopi in dong
    – titip kopi yah
    – dan kopi yang laen ( kopi in aja sendiri hehehe )

    so, yang jelas gimana pun juga gak bisa idup tanpa kopi 😛

    *Hahaha… phadank banget gitcu loh…

  14. lha ya kalo maunya cepet berenang, lha kalo maunya berendam lama gimana? eh kalo kelamaan jadi akik ya?

    *Hahaha..iyo pak, keburu beku ntar kalo kelamaan berendam

  15. yang jelas untuk meningkatkan produktivitas.

    Baik produktivitas kerja, dan “produktivitas lainnya” 😀

    *Yoi pak, sepakat wes… tapi kenyataannya manusia-manusia dinegeri sebagai salah satu penghasil kopi terbesar didunia ini kok masih banyak yang menilai produktivitas kerjanya kurang yah? tapi untuk produktivitas yang lainnya itu masih lumayan, terlihat dari angka kelahiran dan pertambahan penduduknya huehehe…

  16. ngopiii….nda tuh bikin perut kembung n jantung berdebar,n ngrusak gigi jadi
    item sereeeem,,,,,,
    mendingan minum cucu

    *Airnya gak mendidih kali tuh makanya bikin kembung 😀

  17. waaa,, coffee..
    jd inget d coffeebreak dkt selokan mataram,,
    malem sblm qta2 bjuank..
    jee baca d mjlh sehat tnyta
    “MINUM COFFEE TIAP HARI BISAMEMBANTU MELINDUNGI DR KANKER HATI”
    waow,, i luv coffe too..

  18. bangun pagi ga langsung minum kopi?wah bisa berabe urusan nih perut…kalo yang lain begitu bangun tidur,minum air putih ;aku harus minum kopi!..
    pernah minum air putih dulu sebelum minum kopi eh,malah bermasalah ya udah…mending kopi dulu baru air putih….

  19. “kopi”,…gw suka bgt tuh! klo mo tw, gw ampe punya geng yang kerjaannya minum kopi mlulu! tentunya sabil dengerin musik Jazz! cobain deh! asik lo…
    klo manfaat kopi! memang banyak! terutama yang paling kerasa itu, ningkatin konsentasi saraf pusat! masih banyak lagi lo..! tapi inget makanan n minuman yang paling sehat pun kalo konsumsinya kebanyakan bia berbahaya loo…! so, ngopi jua janan kebanyakan! bisa bahaya! baiknya sih 2-3 gelas sehari!
    oh ya, btw., gw agi meneliti berbagai merek kopi! mau nyari merek kopi mana yang paling uenak, gw minta pendapat temen-temen donk! kopi yan paling enak tuh yan mana sih? tolong kirim e-mail dong ke gw! di ipunkphat@yahoo.com
    ditunggu ya e-mailnya…!

  20. wahh banyak juga yah yang suka kopi…..
    salam kenal yah paa kopi kholik!
    gw seneng bangeet tuh ama kopi!kalo tau dulu waktu gw masih skul di sma gw punya geng yang kerjaannya tiap pulang sekolah ngopi dikantin ampe sore. trus kalo lagi kumpul-kumpul pasti sambil ngopi and dengerin jaZZ. sampe sekarang juga kita masih tetep solid. masih seneng ngopi and dngerin musik jaZZ.
    btw gw juga mau tanya ngopit tuh apa?

  21. tapi bagaimana kalo yang minum kopi itu punya penyakit tekanan darah tinggi?
    apa nggak bahaya tuh kalo pas kepala lagi pusing dikasih minum kopi?

  22. hmm….baru kmrn ngobrolin about kopi..ktnya susu campur kopi itu bagus tp kopi campur susu krng bagus..ngerti kan….
    aku gk bisa ngopi dipagi hr tp aku paling suka ngopi disiang hari n mlm hr..wow…dimanapun itu kopi tetep aduhaii….., mau di cafe kek ato di warteg tetep asyiik huehehehehe…., jd inget masa muda nongkrong di jl.comal di cafe-nya cak Mis cafe trotoar hahahahah….Rita….kau dmn…??? qta jenguk cak Mis yuuukkkk..msh ada gak yah….
    niy…lg di ktr..mo bikin kopi dulu ahh….amboiii…..

  23. mbak indah….pengen ke Aceh de….liat bintang jatuh sambil ngopi di warung-nya Pak Item heheheh….., kyknya asyeeeek banget de…..
    kapan yah…????

  24. emang sih ngpi tu enak tapi ati2 loh!!! residu di kopi bisa menimbulkan batu ginjal. percaya to gak yang penting ty fakta bo!!!

  25. MEMANG BENER BANGET, DARI KECIL SAYA SUDAH HIDUP DI PERKEBUNAN KOPI… JADI BAGI SAYA …. TIADA HARI TANPA KOPI…

  26. hehehehhhhe,,,,

    bener banget artikel yang kamu buat,,,
    soalny aQ tuch ya dulu paling benci yang namany kopi tapi sejak aQ naek kelas 3 sma aQ bisa dibilang menjadi seorang penikmat kopi sejati,,,

    sekarang,,, sebelum berangkat ke kampus aQ ga pernah ga ngopi dulu,,,,
    thx ya bwt infony,,,
    pantes aj aya aQ bisa cepet nangkep apa yang di bilang dosenQ kalo lagi ngajar,,,

    hehehehehehhe

  27. aduuuh jadi pingin ngopi nih
    aapalagi kenak kopi ulee kareng wenak tenaaan…
    ngopi ahhhh….

  28. sesudah minum kopi.. sekelompok sperma bersemangat berlari menuju ovum.. hingga kecapean .. lalu sperma yang satu bertanya.. hey kita udah sampe dimana?? … amande..l kata sperma yang laen….

  29. Benar sekali pernyataan diatas, apalagi pernyataan yang paling akhir.
    saya salah satu pecinta kopi, apalagi saya sekarang bekerja di salah satu perusahaan pengekspor kopi, jadi tiap hari saya minum kopi.
    rasanya nikmat banget, klo ga minum kopi satu hari aja, rasanya kepala pusing. trus klo da nyoba minum kopi di tempat laen rasanya kurang pas, mungkin kualitasnya kale….he..he..
    maklum kopi yang aku minum kualitas export, jadi klo kopi lokal kurang pas gitu rasanya….
    ok…hidup pecinta kopi….!!!!

  30. MMmmmmmm, kopi….
    merupakan minumanqu sehari-hari…
    aq adalah salah satu pecinta kopi.. saking senengnya,
    aq beli biji kopi sendiri, truz di gorengsangan pake wajan, abis itu di giling sendiri.. minum kopi hasil jerih payah sendiri merupakan suatu keasyikan tersendiri, menurutqu disitulah kesenangannya. apalagi kalo gorengnya terlalu lama, rasanya akan lebih pahit, n sebaliknya. dan itu merupakan tantangan untuk membuat kopi yang lebih nikmat..
    Kopi merupakan sahabat setiaku setiap waktu, dimana aja, tak terbatas ruang dan waktu,,,

  31. nice posting… terimakasih saya bukan penikmat kopi karena bagi saya kopi sudah tidak nikmat alias sudah jadi hal yang lumrah di keluarga saya terutama laki2.. minimal kami minum kopi 2 gelas (1 gelas 125cc) satu hari,selera kopi kami pun bermacam2
    nice posting

  32. ngopi disamping asyik . . . kalau minumnya dipagi hari . . . kita lancar ke belakang juga lho . . .

  33. salam kenal….. banyak yang menganggap kopi mengandung unsur negatif. Namun riset ilmiah telah membuktikan efek positif yang tersembunyi dibalik si hitam ini.
    Mohon riview produk kami.
    Terima kasih.

    Eyang Sahid Coffee

  34. kopi banyak gunanya juga y???

    baru tau!!!

    egh emg kopi kandungannya paja gitu????

    boleh tau g???
    kalo da yang tau tolong y kirim ke email saya!!!

    makasih sebelumnya

  35. manfaat kopi, wuiiii…..
    tank`s ya mas.
    kalo gitu gw sering-sering ja minum kopinya.
    oya kalo boleh gimana sich bikin kopi yang sedaaaaaaap? he..he..he..

  36. wah, situ tau darimana?? minta sumbernya dong yg bilang batas aman minum kopi sekian-sekian…

  37. Kenalkan saya Ibra, 34 th. Memang benar apa yang dikatakan. saya telah membuktikan manfaat kopi dengan meminum maksimal 3 cangkir/gelas per hari, sperma saya lebih cepat/tangkas menangkap indung telor dan saya dikaruniai oleh Allah Swt 2 anak dari 2 istri.
    Kakak ipar (suami dari kakak saya) jarang minum kopi atau hampir tdk pernah, umur pernikahannya sdh 12 th tapi belum dikaruniai anak.
    Adik ipar (suami dari adik saya) tidak suka kopi, umur pernikahannya sdh 6 th tapi belum juga dikaruniai anak.
    Di samping kopi, untuk menjaga kesetabilan daya tahan tubuh, saya memakai gelang energy yang bisa menangkal radiasi HP, Komputer elektronik lainnya. Bisa melancarkan peredaran darah, menambah energi/vitalitas dan memperbaiki metabolisme tubuh.
    Anda ingin mencobanya, hub. 031-77099354 / 081553224990

  38. Manfaat kopi memang banyak, tapi hati2 di indonesia sekarang banyak sekali kopi yang menggunakan pewangi dan perasa (essence), justru malah menimbulkan effek yang negatif, sifat asli kopi tidak terlalu menyengat, aroma dan rasanya tidak hilang bila diseduh panas dan didinginkan dengan es, so ati2 bro bukan dapet manfaat malah dapet penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.