Manfaat Kopi

Secangkir kopi bagi saya adalah sebuah awal dari segalanya. Bukan berlebihan atau mengada-ada, tapi memang sejak dulu saya bisa dikatakan maniak terhadap jenis minuman yang satu ini. Dalam sehari mungkin saya bisa menghabiskan bergelas-gelas kopi, pagi, siang, sore, dan malam hari. Iseng-iseng saya mencari artikel tentang beberapa manfaat kopi untuk kesehatan, tentu saja ini mungkin bisa dikatakan hanya sebuah retorika pembelaan diri. Tapi saya pikir ini patut kita ketahui juga dan menjadi pengetahuan yang mungkin suatu saat akan bermanfaat.

Berikut beberapa point dan manfaat dari secangkir minuman yang bernama kopi, yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber :

  1. Delapan puluh persen orang dewasa di dunia minum kopi sedikitnya sekali sehari. Wow, saya banyak temannya! πŸ˜‰
  2. Kafein yang terkandung didalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan.
  3. Kafein membantu Anda untuk bisa berpikir lebih cepat. Cobalah mengkonsumsi kopi atau teh 15 menit atau 30 menit sebelum Anda melakukan wawancara pekerjaan atau memberikan presentasi pada atasan. Hasilnya mungkin akan cukup lumayan, karena kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti mampu memberikan ‘sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak.
  4. Kafein mencegah gigi berlubang. Cobalah untuk meminum secangkir kopi hangat atau teh hangat sesaat setelah Anda mengkonsumsi cookies, cake coklat yang lezat, permen rasa buah atau sepotong roti manis. Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam minuman ini ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.
  5. Kafein mengurangi derita sakit kepala. Penelitian menemukan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh (dalam jumlah tertentu) sanggup menolong mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic. Penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit kepala Anda dengan minuman berkafein.
  6. Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.
  7. Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama.
  8. Kafein bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik.
  9. Perempuan yang minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis).
  10. Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.
  11. Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.
  12. Kafein juga melindungi jantung dan kanker.
  13. Untuk mengurangi risiko pengidapan diabetes mulailah meminum kopi. Seseorang yang minum kopi lebih dari enam cangkir sehari berisiko rendah terserang diabetes dibanding dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali. Demikian simpulan sebuah riset skala besar yang dilakukan pada 80 ribu orang selama 18 tahun di AS.
  14. Parkinson jarang ditemukan pada orang yang minum kopi secara teratur. Sebuah riset menyimpulkan penyakit ini justru ditemukan pada pria yang tidak minum kopi tiga kali lebih banyak daripada pria penikmat kopi.
  15. Minum kopi membuat sperma “berenang” lebih cepat dan mampu meningkatkan kesuburan pria. Hal ini diumumkan para ilmuwan Brasil dalam pertemuan “American Society for Reproductive Medicine” di San Antonio, dimana pembicaraan utama berkisar pada efek obat-obatan terhadap kesuburankaum adam.

Banyak bukan manfaatnya? Jadi mengapa anda tidak mulai mengawali hari-hari anda dengan secangkir kopi? πŸ˜€

Sumber : detikhealth, cyberman, solusisehat, alatkesehatan dan waspada

76 thoughts on “Manfaat Kopi”

  1. Kenalkan saya Ibra, 34 th. Memang benar apa yang dikatakan. saya telah membuktikan manfaat kopi dengan meminum maksimal 3 cangkir/gelas per hari, sperma saya lebih cepat/tangkas menangkap indung telor dan saya dikaruniai oleh Allah Swt 2 anak dari 2 istri.
    Kakak ipar (suami dari kakak saya) jarang minum kopi atau hampir tdk pernah, umur pernikahannya sdh 12 th tapi belum dikaruniai anak.
    Adik ipar (suami dari adik saya) tidak suka kopi, umur pernikahannya sdh 6 th tapi belum juga dikaruniai anak.
    Di samping kopi, untuk menjaga kesetabilan daya tahan tubuh, saya memakai gelang energy yang bisa menangkal radiasi HP, Komputer elektronik lainnya. Bisa melancarkan peredaran darah, menambah energi/vitalitas dan memperbaiki metabolisme tubuh.
    Anda ingin mencobanya, hub. 031-77099354 / 081553224990

  2. Manfaat kopi memang banyak, tapi hati2 di indonesia sekarang banyak sekali kopi yang menggunakan pewangi dan perasa (essence), justru malah menimbulkan effek yang negatif, sifat asli kopi tidak terlalu menyengat, aroma dan rasanya tidak hilang bila diseduh panas dan didinginkan dengan es, so ati2 bro bukan dapet manfaat malah dapet penyakit

  3. Kafein Memang Baik Untuk Tubuh..
    Tapi Kalau Berlebihan,Anda Belum Tahu Saja Akibatnya..
    Apabila Anda Yg Dalam Sehari Minum Sampai Bercangkir-cangkir..
    Segala Sesuatunya Dicari Positif Dan Negatifnya Donk..
    Payah Banget Sih..

  4. Info yang bagus, bro.
    Segala sesuatu bila dikonsumsi secara berlebih tanpa aturan yang disarankan maka akan berdampak, juga bagi yang memiliki alergi terhadap sesuatu zat.
    Minum kopi teratur benar-benar baik utk kesehatan. Menyeduh kopi harus dengan “AIR yang MENDIDIH”.
    Salam kaffein..

  5. Telah hadir forum komunitas pecinta kopi terbesar di Indonesia!

    Indonesian Coffee Community merupakan suatu wadah untuk bertukar pengalaman dan informasi tentang kopi di Indonesia. Forum atau komunitas ini tidak hanya untuk pelaku bisnis kopi, tetapi juga untuk semua pecinta dan penikmat kopi (Coffee Lovers) yang berada di seluruh wilayah Indonesia. Indonesian Coffee Community dibuat khusus untuk membumikan kopi di tanah air bahkan di dunia.

    come and join with us :

    http://www.coffeecommunity.web.id

    Regards,
    Indonesian Coffee Community Team

  6. yoii… emang kopi banyak manfaatnya.. dan juga bisa di racik jadi rasa yang unik gan.. apa ente2 udah pernah coba kopi rasa buah? cobain di sini gan kopiunik.com dijamin ketagihan..

  7. Pingback: Manfaat Kopi
  8. Saya ucapkan terima kasih atas sharing artikelnya. semoga web nya makin rame pengunjung dan bisa bermanfaat bagi semua.
    Konsumsi kopi yang tepat berdampak positif bagi kesehatan, tak heran jika mereka bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dari peluang ini. Bagi yang ingin mengeruk keuntungan dari peluang usaha kopi ini, kami memberikan alternatif business oportunity warung kopi dengan investasi terjangkau dan hasil fix yang pasti. Membawa konsep modern and innovative coffee shop dan menyasar ke semua kalangan dari bawah sampai atas, dari remaja sampai orang tua, dari pelajar hingga exsekutif plus fasilitas wifi dan full musik.

    sukses selalu untuk semua
    kriswanto
    0878.5413.8558

  9. Kebetulan sekali saya adalah satu dari sekian milyar orang di muka bumi yang cukup gemar mengkonsumsi kopi,jadi untuk mendapatkan kenikmatan kopi yang sesungguhnya hendaknya kita membuang jauh-jauh rasa was-was akan efek negatif dari mengkonsumsi kopi!!! karena berawal dari memiliki rasa was-was akan efek negatif dari mengkonsumsi kopi,akhirnya kita tidak bisa mendapatkan sebuah kenikmatan dari kopi tersebut,ya karena dari rasa takut tadi. Banyak sekali contohnya orang yang terlalu berhati-hati dengan yang mereka konsumsi,tapi apa kenyataannya? mereka jadi tidak bisa menikmati hidup yang sesungguhnya,jangan makan ini,jangan minum ini,akhirnya hidupnya menjadi tidak enjoy. Tapi bukan berarti kita tidak harus berhati-hati,ya sebijaknya saja ya Teman! BTW terima kasih atas informasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*